Tips Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar

Tips Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar - Oke kali ini saya masih membahas artikel yang tidak lain yaitu  masih tentang Laptop. Sebelumnya saya mengulas tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak atau Eror  . Di artikel itu saya membahas tentang bagaimana memperbaiki laptop tentunya memfokuskan di keyboard. Untuk artikel berikut ini saya ingin berbagi tips cara merawat laptop yang benar. Cara ini sangat simpel akan tetapi banyak orang yang sering kali mengabaikan perawatan semacam ini. Hal itu di karenakan mungkin sibuk kah.. mungkin maleh kah.... Semua itu tidak di pungkiri karena itu merupakan hal privasi masing masing. oke langsung aja kita bahas bagaimana merawat komputer dengan benar ini ==>>
cara merawat laptop degan baik

Tips merawat laptop secara rutin

1.    Jangan menginstall software secara berlebihan (instal sofware seperlunya). Hal ini memungkinkan kalau software kita terlalu banya dan spack laptop kita kecil bisa mengakibatkan melambatnya kinerja laptop. di samping itu kita bisa sedikit kebingungan menggunakan software yang banyak.

2.    Jangan mendownload software atau apapun sercara sembarangn" dari internet. Usahakan jangan download software yang tidak jelas kaarena di khawatirkan software mungkin sudah terinfeksi adanya virus. Seandainya mendownload alangkah baiknya pilih penyedia layanan download yang baik atau mungkin ada saran dari teman yang sudah memakai sofware dari layanan yang lain. Karena hal ini cukup fatal apabila kita download dan apa yang kita download sudah terinfeksi virus

3.    Rapikan kabel-kabel yang terhubung di laptop. Jika kabel kabel tidak rapi yang tertancap pada laptop anda takutnya kalo kabel yang tertancap seperti kabel carger tersandung oleh anak-anak atau soudara anda dan bisa jatuhkan laptop anda. Walaupun kebiasaan ini sering terjadi he he he kayak ane aja.


4.    Usahakan selalu jaga kebersihan pada laptop anda dan kalo bisa laptop anda tidak boleh ada debu sama sekali, selalu setiap habis dipakai lap dengan kain putih bersih agar bebas debu dan kuman penyakit. Pakai pelindung layar dan pelindung keypad juga klo mampu beli.

5.    Jangan meletakkan laptop diatas kasur saat sedang menyala. Kebiasaan buruk para pengguna laptop termasuk saya ni he he he. Habis main laptop di kasur langsung tidur kadang lupa laptop masih nyala di atas kasur. He he he itu dulu, kalo sekarang gak lagi lah. Dari pengalaman mungkin anda bisa coba.... he he kalo bisa jangan sih. Bahwa laptop yang sering dipakai di pakai di atas kasur atau sejenisnya karpet tebel atau apa kah, menyebabkan laptop cepat panas. Setelah saya lihat ternyata ada benarnya, bahwa kasur atau karpet menyerap udara panas dan mengembalikan lagi ke laptop. Padahal laptop membutuhkan udara segar untuk mendinginkan prosesornya melalui fan. Begitu kira-kira. Hal yang parahnya lagi kalo kita lakukan secara terus menerus laptop bisa rusak karena panasnya prosesor itu.


6.    Hindari getaran elektromagnetik. Jauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.Ini seperti elektronik yang lain misal tv di beri maknet, mungkin anda bisa lihat bahwa layar tv agak berubah dari warna sebelumnya.

7.    Isi baterai laptop dengan benar. Hendaknya saat memakai laptop untuk waktu yang lama, baterai diisi penuh terlebih dahulu dengan catatan saat sedang diisi tidak dimainkan. Lalu jika sudah penuh cabut chargerannya lalu mainkan sampai baterai sisa sedikit lagi. Jaga sirkulasi udara juga, karena ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka dapat menyebabkan over-heating.

Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar

8.    Jangan menaruh benda diatas laptop.  Hal ini di takutkan jika benda yang di atas laptop itu cukup berat, bisa menyebabkan layar laptop rusak. Kalo bendanya berupa wadah berisi air takutnya kalo kesenggol dan tumpak ke laptop. Tahu sendiri kan akibatnya. He he he.

9.    Kalau bisa jangan sekali-kali memindahkan laptop saat keadaan hidup. Begin permasalahannya. Laptop yang masih hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal.


10.    Tips merawat laptop yang terahir yaitu Jika laptop anda bermasalah, jangan coba-coba untuk mencoba betulkan sendiri. Jika kalau anda belum penya keahlian, kalau sudah pinter sih bongkar aja. Kaloau belem alangkah baiknya diserahkan ke tukang service terdekat. Karena jika anda membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin berat. Apalagi kalo masih garansi lalu anda membongkar laptop sendiri dan merusak sticker garansi yang masih ada pada laptop.

Oke cukup sekian penjelansan Tips cara merawat laptop dengan baik dan benar. Selain ini saya sebelumnya juga membahas tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak atau Eror, kalau ingin membacanya silahkan klik link terserbut . Jika anda membutuhkan ebook teknisi komputer yang super lengkap silahkan kllik link download  di bawah ini




~~~ Kumpulan Artikel di bawah ini mungkin sangat penting untuk anda ! ~~~

0 Response to "Tips Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar"

Post a Comment